Posted by: arifgenius01 | 5 May 2009

Pengembangan Diri, Dimulai Dari Mana?

Sahabat blog pengembangan diri, pengembangan diri adalah kata yang sering kita dengar sehari – hari. Dan kerap sangat mudah untuk diucapkan namun kenyataannya tidaklah semudah yang diperkirakan. Jika ditanya pengembangan diri dimulai dari mana? Apakah anda tahu jawabannya? Penasaran dan ingin tahu, mari kita simak bersama…

Pada dasarnya segala sesuatu itu mesti tumbuh dan berkembang. Jika tidak maka ia akan layu dan mati. Demikian juga dengan manusia. Kita perlu dan harus terus meningkatkan kualitas diri agar bisa tetap survive, tumbuh dan berkembang di tengah dunia yang makin hari makin cepat perubahan dan perkembangannya ini.

Karena itu pengembangan diri itu wajib hukumnya kalau kita, saya dan anda tidak ingin tergilas oleh laju roda perubahan yang makin hari makin cepat. Persis seperti bunyi hukum alam yang terkenal itu. “siapa yang paling kuatlah yang akan bisa bertahan” Proses seleksi alam seperti teori Darwin kayaknya berlaku dalam proses pengembangan diri.

Lantas pertanyaannya, sebenarnya pengembangan diri itu dimulai dari mana sih? Jawabannya sangat sederhana. Pengembangan diri itu dimulai dari diri sendiri yang sadar akan pentingnya pengembangan diri agar bisa sukses dalam hidup.

Intinya, harus ada kesadaran bahwa pengembangan diri itu tidak instant. Tidak sekali jadi atau terjadi dalam waktu yang singkat. Tidak ada “sim salabim” dan “ada kadabra.” Karena pengembangan diri itu tidak mudah.

Setelah itu? Apakah cukup dengan sekedar sadar saja? Jawabannya sudah pasti tidak. Kesadaran hanyalah awal. Selanjutnya anda harus tetap belajar dan terus bertindak. Karena jika tidak, kesadaran tidak akan menjadikan anda sukses. Anda perlu terus belajar dan bertindak agar bisa benar – benar sukses. Keep ACTION to success.

Jadi, rumus sederhananya adalah:

Sadar + Belajar + Keep ACTION + Terus Mengembangkan Diri = Sukses

Bagaimana menurut anda? Atau anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan disampaikan disini…


Responses

  1. pengembangan diri dimulai dari pengelolaan pikiran. pikiran merupakan alat yang dapat menentukan kualitas hidup seseorang. pasalnya dari berpikirlah seseorang dapat membentuk sebuah keyakinan-keyakinan yang positif atau keyakinan yang mendukung. nah… kalau sudah menjadi keyakinan, maka gunungpun bisa dipindahkan. tetapi, bagaimana merubah pikiran-pikiran negatif ke positif. Belajar. belajar merupakan sebuah proses pembentukan kognisi, dan dengan belajar dari aspek dan kaca mata yang berbeda akan menghasilkan sesuatu yang berbeda pula. kita seseorang memilih rel pikiran yang berbeda maka dengan segera ia membentuk sebuah keyakinan yang pasti. dan hasil dari sebuah keyakinan adalah sebuah tindakan nyata. pada saat yang sama apa yang ia yakini akan menjadi kenyataan. keyakinan adalah benda abstrak yang secara konstan mempengaruhi dunia fisik.

  2. Benar sekali mas Sautparl. Pengembangan diri memang kompleks. Bisa dimulai dari mana saja. Bisa dari pikiran ataupun kesadaran.

    Yang jelas harus ada kesadaran bahwa pengembangan diri itu tidak instant. Dibutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Bukan begitu?

    Temukan Rahasia Utama Pengembangan Diri Disini!

  3. aku lagi letoy neh om. bagi bagi donk pengembangan dirinya. heheh

  4. ikut nimbrung mas arif,
    memang benar mas arif, pengembangan diri itu dimulai dari diri kita sendiri, dari pikiran kita sendiri, dari pola pikir kita sendiri.
    potensi diri ada dalam diri kita, cuma apakah kita mau mengembangkan atau tidak.
    untuk pengembangan diri, dalam diri kita dalam pikiran kita, harus selalu berpikira maju, harus selalu berpikiran positif.
    bahwa apa yang kita lakukan adalah hal positif.
    selalu berpikir positif, selalu berpikir maju, selalu berpikir sukses.
    walaupun nanti hasilnya menurut orang itu gagal, tapi kita tetap berpikiran positif bahwa apa yang kita lakukan adalah sukses.

    demikian,
    salam.

  5. Salam Perkenalan En Arif,

    Terima kasih atas info yang menarik. Sememangnya penghalang utama ialah diri kita sendiri. Dari itu kesedaran perlu untuk mengubahnya…Bertepatan dengan formula yang En Arif beri.

    Saya sebenarnya dari Evolusi Minda, Malaysia
    Terima kasih sekali lagi..

    Salam dari seberang :))


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: