Inilah Rahasia Puasa Yang Sebenarnya!

Sahabat blog pengembangan diri, apa sebenarnya arti puasa? Adakah manfaat yang bisa kita peroleh dari berpuasa? buat apa juga kita bersusah – susah untuk puasa? Mungkin begitulah kira – kira pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul di kepala kita atau yang sering kita lontarkan baik secara sadar atau tidak sadar.

Puasa atau saum secara bahasa artinya menahan. Menahan dari apa? menahan bukan saja dari apa – apa yang membatalkan puasa tapi juga dari apa – apa yang memakruhkannya atau yang mengurangi kualitas puasa itu sendiri. Sejatinya puasa itu bukan hanya dalam masalah makan dan minum serta hubungan seks semata tetapi lebih dari itu sesungguhnya puasa yang lebih baik lagi yaitu puasa hati dari iri, dengki, dendam, cemburu, takabur, sombong dan segala penyakit hati.

Puasa pikiran dari apa – apa yang negatif dan tidak bermanfaat. Puasa segala anggota tubuh fisik dari hal – hal yang tidak baik dan tercela serta puasa keinginan dari segala keinginan – keinginan yang hanya mencari kenikmatan semu sesaat saja.

Dengan demikian puasa memiliki manfaat yang sangat luas jika kita benar – benar menjalankannya secara totalitas dan paripurna.

Namun, bukankah puasa itu tampaknya berat dan melelahkan? maka tidak heran jika puasa itu “hanya” diwajibkan kepada orang – orang yang beriman, yang meyakini adanya hari akhirat dan pembalasannya. Meskipun berat mereka yakin dan sadar puasa bukan hanya bermanfaat dunia dan akhirat, tetapi dari juga dari banyak segi yang lain. Dari segi medis (kesehatan) misalnya, orang yang senantiasa berpuasa karena iman ternyata bukan hanya tampak lebih sehat dan bugar, tetapi juga lebih sedikit kemungkinannya terkena penyakit – penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur.

Secara mentalitas, orang – orang yang berpuasa dengan sebenar-benarnya puasa, cenderung lebih sehat secara mental karena telah ditempa dengan kesabaran untuk menahan diri dari apa – apa yang dilarang agama.

Sedangkan secara moral, cenderung lebih berjiwa sosial dan memiliki rasa solidaritas yang tinggi terhadap orang – yang kurang mampu atau mereka yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Maka sungguh luar biasa pengaruh puasa terhadap diri kita semua jika kita benar – benar melakukannya secara maksimal, totalitas dan paripurna.

Sahabat blog pengembangan diri bagaimana menurut anda? atau anda memiliki pendapat sendiri barangkali, silahkan dishare disini…..

Responses

  1. artikel ini memang sungguh berdasar pada kenyataan. kita sebagai umat islam yang dapat melaksanakan puasa, tentunya harus menyadari bagaimana rasanya kelaparan, orang miskin sudah biasa merasa kelaparan karena tak bisa membeli makanan.. oleh karena itu kita harus bersyukur atas apa yang kita dapat..
    mensyukuri nikmat Allah adalah salah satu bentuk keimanan kita…
    amiiin.

  2. Benar sekali mas Bambang🙂 btw, thanks for the visit n comment😀

    Temukan 5 Tips Dahsyat Membangun Bisnis Pribadi Disini!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: